RPH Sidomulyo Penuhi Standar Penyembelihan Sapi Import

SIDOMULYO – Rumah Potong Hewan (RPH) Kecamatan Sidomulyo baru-baru ini menyembelih sapi import asal Australia. Penyembelihan perdana itu akhirnya terealisasi usai RPH menjalin kerjasama dengan perusahaan feedloter.

Informasi yang didapat selama ini RPH yang berdiri di Desa Kota Dalam itu hanya melakukan penyembelihan sapi lokal. Namun kali ini usai terpenuhi beberapa ketentuan dan standar kesejahteraan hewan akhirnya penyembelihan sapi jenis Brahmancross sudah bisa dilakukan di RPH.

Kepala Dinas Peternakan Lamsel Arsyad Husein mengatakan ada beberapa ketentuan agar sapi binaan feedloter bisa disembelih di RPH. “Standard kelayakan yang cukup tinggi diberlakukan terhadap sapi binaan feedloter. Semua sudah dipenuhi dan mereka (feedloter ‘red) sudah memperbolehkan penyembelihan sapi di RPH Sidomulyo,” kata dia di RPH Sidomulyo, Rabu (1/11) kemarin.

Pentepatan standar yang diberlakukan terhadap sapi import memang sedikit menyulitkan RPH untuk bisa memfasilitasi penyembelihannya. Sebab pada umumnya persoahaan feedloter yang ada di Lampung menggemukan sapi dari negara kanguru.

“Ya, hampir semua perusahaan feedloter menggemukan sapi jenis Brahmancross asal Australia dan memang dengan standardisasi penyembelihan itu kualitas daging bisa terjaga,” sebut Arsyad.

Usai kerjasama antar keduanya terjalin Arsyad berharap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lamsel bisa meningkat. “Kami berencana mengundang seluruh perusahaan feedloter yang ada di Lampung ke RPH Sidomulyo dengan tujuan kerjasama penyemeblihan sapi,” imbuhnya.

Ditempat yang sama Manager General Affairs PT. Juang Jaya Abdi Alam (JJAA) Hendra Yudi mendukung Pemkab Lamsel dengan  jalinan kerjasama ini. “Perdana kami lakukan penyembelihan di RPH Sidomulyo,” kata dia.

Sebelumnya Hendra mengaku jika penyembelihan sapi binaan feedloter dilakukan di dalam perusahaan. Dengan adanya kerjasama ini maka PT. JJAA akan melakukan penyembelihan di RPH Sidomulyo.“Sebetulnya kami punya RPH sendiri. Dan selama ini pun menyembelih didalam lingkungan perusahaan,” ucapnya.

Dilanjutkan JJAA yang bergerak dibidang penggemukan sapi selalu mendukung program Pemkab Lamsel. “Kami mendukung program Pemkab Lamsel, dan sudah mulai menyembelih sapi di RPH Sidomulyo hari ini (kemarin’red),” imbuhnya. (ver)

source : https://www.radarlamsel.com/rph-sidomulyo-penuhi-standar-penyembelihan-sapi-import/